Kalender

August 2009
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Archive

Kategori

Coca-Cola+Mentos=…..

Posted in: minuman,unik by encoz on August 8, 2009

Bagi yang suka melakukan praktek yang ekstrim, coba deh campurkan sebotol coca-cola (diet coke) dengan beberapa buah permen Mentos dan buka tutup botol tersebut (kalo mau yang lebih ekstrim, diet coke bisa diganti dengan zero sugar dan pakai botol yang paling besar). Dan tebaklah apa yang terjadi……..

Akan timbul banyak busa yang menyembur dari dalam botol!!!!!!

(bahkan bisa terjadi ledakan)

Ini contoh videonya:

Tonya Coffey, asisten profesor fisika di Appalachian State University, Boone, North Carolina, Amerika Serikat, mendokumentasikan mengapa reaksi itu bisa terjadi. Hasil eksperimen yang dipublikasikan dalam American Journal of Physics edisi Juni 2008 itu lalu ditujukan bagi mereka yang ingin membangun keahlian yang telah mereka pelajari dalam tahun pertamanya sebagai mahasiswa fisika.

Melewati serangkaian eksperimen, para mahasiswa bisa menemukan bahwa reaksi antara permukaan Mentos yang kasar dan potasium benzoat serta aspartame yang terkandung dalam minuman soda bertanggung jawab atas timbulnya reaksi semburan mirip geyser yang bisa sampai 9,1 meter tingginya itu. Prinsip-prinsip termodinamika, mekanika fluida, ilmu permukaan, dan fisika erupsi terlibat dalam proses tersebut.

“Kami mencoba mengajari para mahasiswa bagaimana eksperimen sesungguhnya,” katanya. “Itu akan bagus bagi siswa untuk melakukan sebuah eksperimen yang tidak diketahui hasilnya, karena itulah riset.”

Eksperimen melibatkan beberapa jenis permen, garam batu dan meja, serta pasir. Mereka mempelajari kasarnya permukaan permen dan material lainnya berbekal pemindai mikroskop elektron dan mikroskop atom.

Mereka menemukan, dalam botol soda Diet Coke yang terbuka, gelembung gas karbon dioksida (CO2) keluar dalam hitungan menit atau jam. Pencapaian kesetimbangan antara konsentrasi CO2 yang tertinggal dalam soda dan yang ada di udara sekelilingnya berlangsung lambat karena tegangan permukaan cairan itu sangat tinggi. Gelembung gas seperti terperangkap di dalamnya.

Sebutir Mentos ternyata mampu memecah tegangan permukaan itu lewat lapisan surfaktannya. Tekstur permen yang kasar juga memberikan tempat tumbuh bagi gas sehingga mudah melakukan karbonasi untuk lepas sebagai geyser busa.

Bisa dibayangkan kalau efek itu tejadi di tubuh kita??? Karena itu janganlah sekali-sekali memakan Mentos sambil meminum Coca-cola (atau sebaliknya).

Ini contoh video Diet Coke+Mentos pada manusia:

sumber: koran Tempo

Tags: ,

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment